HOAX Daftar Korban Banjir Di Kuningan

0
59

Belum lama ini beredar kabar melalui Broadcast di aplikasi WhatsApp terkait adanya korban jiwa terkait banjir yang terjadi di Kuningan. Adapun dalam pesan tersebut mengatakan seperti ini :

Kuningan Berduka. Bencana alam banjir bandang di daerah Cibereum arah Cibingbin Kabupaten Kuningan. Nama korban belum ditemukan di antaranya.

Agen Poker IDNPlay Terpercaya
Agen Poker IDNPlay Terpercaya

Dari pihak Pusat Data dan Humas Badan Penanggulanan Bencana Daerah memberikan pernyataan bawha informasi yang ramai beredar di masyarakat itu adalah Hoax, seperti dikatakan oleh Ketua BPBD, Sutopo Purwo Nugroho.

“Apabila kalian menerima pesan berantai terkait nama-nama korban banjir di Kuningan itu adalah Hoax, Jangan dipercaya.” Kata Sutopo dalam keterengannya yang dibuat secara tertulis untuk awak media (24/2/2018).

Daftar yang beredar dalam pesan tersebut menurutnya adalah daftar korban dalam tragedi Longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes. Akan tetapi daftar tersebut dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan menyebarkan data tersebut sebagai nama korban banjir di Kuningan. Pihaknya berharap agar para pihak yang terlibat dalam penyebaran Hoax ini segera sadar, karena ini sudah mempermainkan perasaan sensitif orang banyak.

Musibah banjir memang terjadi di Kuningan. Tepatnya 14 desa mengalami musibah ini dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi belakangan ini. Rumah di desa-desa tersebut memang terendam banjir, akan tetapi tidak ada satupun korban jiwa dalam musibah banjir yang terjadi di Kuningan ini.

 

Leave a Reply